Pages

Senin, 14 Mei 2012

TIM UBER INDONESIA OPTIMIS KE PEREMPAT FINAL







Seperti halnya pada piala Thomas, tim Uber Indonesia juga berada satu grup dengan China, tim yang menakutkan bagi setiap peserta yang mengikuti putaran final. Meski berat menghadapi tim yang terkenal dengan tembok raksasa, tetapi tim Uber Indonesia yang berangkat menuju Wuhan tetap optimis dapat meluncur ke babak perempat final, mengingat dalam grup A terdapat tim lemah Afrika Selatan.

Indonesia membawa terbang 10 pemain ke China. Jumlah maksimal yang diperbolehkan oleh badan bulutangkis dunia. Berbeda dengan tim uber Afrika Selatan yang hanya membawa empat pemain saja, dua pemain tunggal dan dua pemain yang akan bermain di nomor ganda putri. Jumlah yang cukup riskan untuk kejuaraan beregu. Dengan hanya empat pemain, berarti semua pemain akan bermain rangkap tunggal dan ganda. Butuh kebugaran fisik dan konsentrasi yang tinggi untuk menghadapi kejuaraan sebesar piala Uber. Belum lagi kemungkinan atlet mengalami cedera. Indonesia yang akan bermain pertama kalinya dalam putaran final piala uber dengan menghadapi tim Uber Afrika Selatan akan memanfaatkan peluang ini. Indonesia yang unggul dari segi teknik dan peringkat, semestinya bisa menang telak dari tim Uber Afrika Selatan.


Di tunggal pertama, siapapun yang akan di turunkan oleh Indonesia, semestinya bisa menyumbangkan satu angka kemenangan. Baik Maria Febe Kusumastuti ataupun Adriyanti Firdasari masih terlalu tangguh bagi tunggal pertama Afrika Selatan Kerry Lee Harrington. Seandainya Febe yang di turunkan menjadi tunggal pertama Indonesia, ia masih unggul peringkat dan prestasi di bandingkan pemain Afrika Selatan yang memiliki peringkat 107 dunia. Prestasi terbaik Kerry Lee hanya baru menjadi finalis kejuaran perorangan Afrika tahun lalu. Kerry Lee juga baru bisa berprestasi sebatas pada turnamen sekelas International series. Tercatat, ia sempat menjadi semifinalis turnamen III Colombia International 2011. Berbeda dengan Febe yang sempat menjadi juara pada turnamen sekelas grand prix pada Bitburger Open 2008, Yonex Australian Open Grand Prix 2009 dan sempat menjadi semifinalis pada Indonesia Open Grand Prix Gold 2010.Hal yang sama juga jika Adriyanti Firdasari yang akan di turunkan menjadi tunggal pertama. Firda diperkirakan mampu untuk menyumbangkan satu angka kemenangan bagi tim uber Indonesia.

Optimistis sumbangan angka kemenangan juga terpancar dari tunggal kedua. Indonesia mempunyai dua tunggal putri yang sama kualitasnya. Adriyanti Frdasari atau Lindaweni Fanetri , keduanya mempunyai kempampuan yang sama baiknya untuk mempersembahkan satu angka kemenangan dari Stacey Doubell, tunggal kedua Afrika Selatan yang memiliki peringkat jauh di bawah kedua tunggal putri Indonesia.



Nomor ganda putri sepertinya menjadi nomor yang di harapkan oleh Afrika Selatan. Michelle Claire Edwards/Annari Viljoen menjadi satu-satunya ganda putri yang mereka bawa ke China. 


Di sisi lain Indonesia mempunyai ganda tangguh Meiliana Jauhari/Greysia Polii. Ganda Afrika Selatan pernah beberapa kali menjadi juara seperti menjadi juara pada kejuaraan Uganda International Badminton Championships 2012, Bostwana International 2011, Kejuaraan perorangan Afrika 2011. Tetapi yang harus di ingat, kejuaraan yang mereka ikuti barulah sekelas International Series, bukan kelas grand prix atau super series yang biasa di lakoni oleh ganda putri Indonesia. Pada kejuaraan perorangan Afrika pun hanya di ikuti oleh negara dari benua Afrika yang secara kwalitas masih berada di bawah negara belahan Asia. Secara peringkat, finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2010, Meiliana Jauhari/Greysia Polii masih berada di atas ganda Afrika. Ganda Indonesia saat ini tercatat berada dalam peringkat 13 dunia sementara ganda Afrika Selatan menempati peringkat 45 dunia.

 
Dari tiga partai diatas, kemungkinan besar pasukan Srikandi Indonesia mampu memborong tiga angka kemenangan. Belum lagi di tambah pada nomor tunggal ketiga dan ganda kedua. Di tunggal ketiga, Indonesia masih menyimpan Lindaweny Fanetri atau Bellaetrix Manuputty sementara di ganda kedua ada juara Vietnam Open Grand Prix 2011 Anneke Feinya/Nitya Krishinda Maheswari. Sementara Afrika Selatan belum dapat di prediksi siapa yang akan bermain di kedua partai tersebut. Apapun hasil pertandingan antara tim Uber Indonesia dengan China, Indonesia berhak bermain di babak perempat final, tentunya berbekal kemenangan dari tim uber Afrika Selatan.(AR)



0 komentar:

Posting Komentar